Keadaan Literasi Media di Indonesia

 

Literasi media adalah seperangkat perspektif yang digunakan secara aktif saat mengakses media massa untuk menginterpretasikan pesan yang dihadapi. Literasi media memberikan panduan tentang bagaimana mengambil kontrol atas informasi yang disediakan oleh media. Semakin media literate seseorang tinggi, maka semakin mampu orang tersebut melihat batas antara dunia nyata dengan dunia yang dikonstruksi oleh media. (Sulthan, 2019)

Literasi media baik yang konvensional maupun yang baru mengajak audience sebagai audiens maupun sebagai komunikator untuk memiliki kemampuan membaca ketika dihadapkan dengan media. Teknologi media, khususnya media baru mampu mengubah cara orang belajar, bermain dan bermasyarakat di dunia nyata. (Fitryarini, 2016)

Menurut Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Budaya, dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, Didik Suhardi, kemampuan literasi perlu dimiliki untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Termasuk literasi kedaerahan menurutnya juga perlu dimiliki. Karena itu, menurutnya, pembudayaan literasi harus dilakukan.

Untuk saat ini, mahasiswa sudah melek media (literasi media) juga sudah mengetahui akan dampak yang ditimbulkan dari media sosial. Mahasiswa sebagai insan pembelajaran aktif tentu saja sangat terkait dengan aktivitas literasi media. Selain sangat berhubungan dengan perilaku aktif dalam menggunakan media sosial, mahasiswa merupakan ujung tombak nyata adanya pengaruh penggunaan media sosial baik secara positif dan negatif dalam aktivitas sehari-hari.

Rendahnya minat baca masyarakat mempengaruhi kualitas bangsa Indonesia, sebab dengan rendahnya minat baca, tidak bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi di dunia, di mana pada ahirnya akan berdampak pada ketertinggalan bangsa Indonesia. Sedangkan kualitas suatu bangsa ditentukan oleh kecerdasan dan pengetahuan bangsa Indonesia.



Referensi:

Fitryarini, I. (2016). Literasi media pada mahasiswa prodi ilmu komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51-67.
https://www.kemenkopmk.go.id/
Sulthan, M., & Istiyanto, S. B. (2019). Model literasi media sosial bagi mahasiswa. Jurnal Aspikom, 3(6), 1076-1092.





Komentar